Hai,

Liburan Natal dan Tahun Baru telah usai. Sudah adakah resolusi selama tahun 2019 yang tercheck list? Kalau sudah alhamdulillah, jika belum siapkan list ditahun 2020 ini menjadi pribadi yang lebih produktif untuk melaksanakan harapan-harapan yang akan datang. Nah, selama liburan kemarin kemana aja destinasi yang kalian tuju? Atau cuma rebahan dirumah aja? Hehe..

Kalau saya tanggal 28 Desember 2019 kemarin menyempatkan diri bersama partner kesayangan saya untuk mengunjungi Wisata Bukit Sekipan dan Lawu Park di Tawangmangu, lereng gunung lawu. Mengapa kesini? Karena saya rindu embun dingin. Ehehe..

Berawal dari Kediri pukul 6 pagi hingga sampai pukul 10 siang, sampailah saya di Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu. Wisata ini terletak di Jalan Sekipan, Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah (diperbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur). Wisata Bukit Sekipan buka mulai pukul 07.00 pagi hingga 18.00, khusus untuk di hari Sabtu tutup hingga 20.30.

WIsata Bukit Sekipan Tawangmangu

Biaya yang diperlukan untuk memasuki Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu cukup murah dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp 50.000 perorangnya. Bagi kalian yang suka menaiki wahana, sangat direkomedasikan untuk membeli tiket terusan sebesar Rp 100.000. Untuk anak-anak yang memiliki tinggi diatas 80cm dikenakan biaya full. Harga ini update pertanggal 1 Desember 2018.

Fasilitas yang didapatkan untuk tiket Rp 50.000 yaitu : Kampung Halloween, Kampung Lampion / Taman Bintang, Replika Presiden RI, Miniatur Dunia, Waterboom, Mini Zoo, Sepeda Air, Mandi Bola.

Sedangkan Fasilitas yang didapatkan untuk tiket terusan Rp 100.000 adalah : Semua fasilitas dari tiket Rp 50.000 ditambah dengan Super Rally, Monorail, Kora-kora, Kiddy boat, Komedi Putar, Kereta Mint, Bom-bom car, Ontang-Anting, Mini Coaster.

Jika kalian membeli tiket Rp 50.000 dan ingin menaiki wahana yang tersedia, akan dikenakan biaya Rp 20.000 hingga Rp 25.000 setiap permainannya. Jadi kalian bisa memilih wahana yang menurutmu sesuai dengan selera masing-masing

Disini saya memarkirkan motor tepat disebelah loket masuk, hanya berbayar Rp 5.000, dan membeli tiket masuk yang seharga Rp 50.000. Saya asyik menikmati segala fasilitas yang tersedia, terlebih iklim di Bukit Sekipan ini sangat sejuk, jadi tidak perlu khawatir untuk lelah akibat kepanasan.

Awal memasuki kami disuguhkan oleh area restonya dan villa di kanan kiri yang memiliki 2 lantai. Kalian bisa langsung menaiki lantai 3 untuk memasuki area museum 3D dan dispot 360 derajat. Diatas lagi kalian bisa menikmati Flying Fox seharga Rp 20.000 bila tidak hujan. Kembali kebawah. setelah memasuki lesehan restaurant. Dari kejauhan, mata saya langsung terfokus pada miniatur icon setiap negara dan kapal, seolah-olah saya akan berangkat ke tempat aslinya kelak. #Aamiin..

Oiya saat saya upload snapgram di Instagram banyak sekali yang menanyakan dimana lokasi saya berfoto dengan background salju. Bukit Sekipan inilah jawabannya. Kebetulan setelah melewati beberapa permainan, background ini menyita perhatian saya. Langsung saja saya dengan excited meminta partner saya mengambil beberapa foto disini, terlebih ada salju buatannya yang setiap beberapa menit akan disemburkan oleh alatnya, ehehe… Menurut saya sekitarnya dari tempat ini memang belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa lahan yang masih kosong.

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Satu-satunya tempat yang tidak ingin saya datangi adalah Kampung Halloween, saya memang penakut. Jadi cukup melihat dari luar saja. Ehehe.. Sebenarnya ingin menaiki Monorail, namun karena waktu yang tidak berpihak pada kami terlebih saya harus membayar lagi, Oh Tidak. Akhirnya menyudahi perjalanan di Bukit Sekipan Tawangmangu.

Saat kamu melewati akses keluarnya, akan memasuki bangunan yang meyuguhkan beberapa pernak-pernik aksesories cantik yang bisa digunakan untuk cinderamata. Bukan hanya didalam bangunannya, diluarnyapun kamu akan melewati beberapa ruko makanan dan toko souvenir.

Area Wisata Bukit Sekipan ini terdapat banyak villa maupun homestay disekitarnya, yang mulai dari harga RP 100.000 hingga jutaan, tergantung fasilitas apa yang diinginkan jadi jangan khawatir bila terlalu larut sampai di area ini, kalian bisa stay untuk semalam dan beraktifitas esoknya.

Perjalanan berlanjut ke Lawu Park yang searah jalan pulang ke Kediri. The Lawu Park bertepatan di Area Hutan Gondosuli yang beroperasi mulai pukul 07.30 hingga 22.00 setiap harinya.

Tiket wisata di Lawu Park seharga Rp 20.000 perorangnya dan Rp 3.000 untuk parkir motor. Wisata ini ada dua yang terpisah dengan jalan raya. Untuk The Lawu Park 1 untuk kawasan villa yang unik-untik dan beberapa tempat untuk camp. Untuk The Lawu Park 2 seperti taman yang didesain dengan apik dan fun. Meski akhir tahun agak crowded namun tidak membuat sesak melihat sekitar.

Terdapat kantin, rumah pohon, area shaun the sheep, dan taman dibukit-bukit sekitarnya, tentunya area salju lagi! Ehe, sepertinya lagi musim bagus untuk membuat area bersalju di kawasan lereng Gunung Lawu ini beserta salju buatannya. Tempat ini yang saya pakai berfoto dengan penguin madagascar dan salah satu karakter Ice Age, sebenarnya ada olaf dan beberapa karakter lainnya, namun karena saat itu salju buatannya diturunkan, jadi crowded dan saya tidak berminat untuk berfoto lagi. Sangat disayangkan karena mungkin lebih lama daripada Bukit Sekipan, pohon ala-ala saljunya sudah kotor, terlebih saat ini memang memasuki musim hujan.

The Lawu Park 2

Karena sudah berkeliling didua tempat, saya dan partner saya sangat lelah. Akhirnya kami memutuskan untuk bersinggah makan siang Sate Kelinci diatas bukit dengan view Tlaga Sarangan Magetan Harga Sate Kelinci di area Magetan sini kurang lebih sama, Sate Kelinci di banderol dengan harga Rp 15.000 dan Rp 3.000 untuk lontongnya. Sungguh tenang dan senang. Dua kata ini cukup menggambarkan perasaan saya saat itu meski kami sedikit lelah. Perjalanan diakhiri pukul 15.00.

Namun, kami menyempatkan untuk membeli strawberry, yeay! Setelah melewati Tlaga Sarangan searah dengan kepulangan, disebelah kiri jalan kalian pasti menemukan Kebun Strawberry, bisa petik sendiri ataupun tersedia penjualnya disetiap pinggir jalan. Saya membeli 2 kemasan besar dan 1 kemasan kecil  (Hampir mendekati 1kg) dengan total harga Rp 80.000 saja. Jika membeli dalam kiloan akan dikenakan sekitar Rp 110.000 /kg nya. Pandai-pandailah menawar ya. Hehe..

Nah, kalian ga penasaran lagikan? Makanya kesini yuk. Menurut saya kedua tempat ini  rekomended dan menaikkan mood saya ketika ingin berwisata. Sangat disayangkan saya tidak mampir kelain tempat dikarenakan harus sampai dirumah sebelum pukul 19.00. Mungkin lain kali saya akan kembali untuk wisata di Lereng Gunung Lawu lainnya.

Total pengeluaran kami berwisata ini adalah Rp 253.000 berdua dengan list sebagai berikut: Bensin PP Rp 40.000, minum selama diperjalanan 10.000 (masing-masing 1 botol 600ml), Goodday ketika kami menghangatkan diri melipir sebelum memasuki Tawangmangu karena kami sudah gemetar kedinginan, Tiket Wisata Bukit Sekipan dan parkirnya Rp 105.000, The Lawu Park dan Parkirnya Rp 43.000, makan siang menjelang sore Sate Kelinci Rp 45.000. Biaya tersebut tidak termasuk strawberry yang kami beli.

Oiya teman-teman, sekedar info saja, jika memasuki wisata disekitar lereng Lawu ini, tidak semerta-merta bisa dilewati oleh bus dengan kapasitas banyak karena beberapa jalan yang cukup sempit. Solusinya, yang saya dapatkan dari beberapa review, bus akan parkir pada daerah yang disediakan dan lanjut menggunakan fasilitas mini bus dengan gratis.

Untuk mobil dan motor, naiklah dengan teliti dan fokus ya. Karena di beberapa situasi dan kondisi akan terdapat embun yang menutupi jarak jauh pandang. Apalagi dijalanan yang meliuk-liuk dan terkadang berhubungan langsung dengan jurang. Yang pasti berdoa semoga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Let’s have fun. See ya on another trip~

NB : Saya kurang tau untuk tiket parkit mobil dan mini bus, mungkin sekitar RP 10.000 dan Rp 20.000 (?) #CMIIW

With Love

Mozarra

Author

"I hope you live a life and you are proud of. If you find you are not. I hope you have the strength to start all over again." (:

Write A Comment