Hai~

Kalau kamu sudah mulai beraktifitas normal, terlebih memiliki keinginan untuk berwisata, apalagi yang rindu dengan suasana Yogyakarta.

Candi Prambanan cocok sekali untuk masuk wishlist kamu! Posisinya tak jauh dari bandara, membuat beberapa wisatawan tertarik untuk berkunjung. Cukup 15 menit saja sudah sampai jika naik mobil tanpa bermacet-macetan, alamat Candi Prambanan yaitu Jalan Raya Solo – Yogyakarta 16, Kec.Prambanan, Kab.Sleman.

Di Candi Prambanan ini terbagi menjadi dua pintu masuk, yaitu pintu masuk Prambanan Theater dan ke Candi Seribunya. Jangan sampai salah masuk ya, hehe.. Harga tiket masuk Candi Prambanannya yaitu :

  1. Dewasa : Rp 40.000 baik saat Weekday maupun Weekend
  2. Usia 3 hingga 10th : Rp 10.000
  3. Turis Mancanegara Dewasa : $ 18
  4. Turis Mancanegara Anak-anak : $ 9

Candi Prambanan sendiri sudah mulai dibuka pukul 07.00 hingga 17.00. Kompleknya sendiri sangat luas, saya yang saat itu berkunjung perlu berjalan kaki sekitar 1jam 30 menit karena waktu terlalu mepet dengan jam tutupnya. Benar-benar deh, saya sampai ke Candi Prambanan sekitar jam 15.30 sore. Beruntung sekali saat itu tidak perlu mengantri untuk membeli tiketnya.

Sore cukup menjadi pentimbangan, selain tidak terlalu panas tentu kamu bisa melihat sunset dari Komplek Candi Prambanan lho, sungguh cantik. Seharusnya sih saya sampai pukul 15.00. Tapi karena sempat nyasar ke tempat theaternya, jadi harus puter balik dulu untuk memasuki pintu seberangnya.

Nah, di malam hari jika kamu tidak memiliki tempat tujuan, pastikan sesuaikan jadwalmu untuk mengunjungi Theaternya Candi Prambanan. Dijadwal-jadwal tertentu kamu bisa menikmati pertunjukan Sendratari Ramayana Ballet, performen yang disajikan berkelas Internasional karena saat saya magang di Tour Travel Yogyakarta 2016 yang lalu, banyak sekali menerima turis mancanegara yang menginginkan melihat pertunjukan salah satu pengenalan budaya Indonesia, kalian wajib banget berbangga! Hehe..

Pementasan Sendratari Ramayana ini diiringi Musik Gamelan serta alat musik jawa lainnya diruangan terbuka atau terkadang disebut juga Trimurti yang menceritakan tokoh  Ramayana. Harga yang tiket masuk tergantuk tempat yang kamu ambil, disisi panggung manakan kamu duduk untuk melihat pertunjukan mulai 125.000 yang agak jauh dari panggung hingga Rp 400.000 di kursi VIP.

Kamu juga bisa memesan makanan disana sesuai dengan menu yang disajikan sambil menikmati pertunjukan maupun pemandangan malam hari di Theater Prambanan. Sendratari Ramayanan di Komplek Candi Prambanan ini dimulai pukul 19.00 hingga selesai sekitar jam 21.00.

Ratu Boko

Sejujurnya, komplek Candi Prambanan ini lebih dikenal dengan Candi Sewu oleh orang-orang sekitar dikarenakan banyaknya candi-candi kecil yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan Komplek Candi Sewu, Candi Prambanan hanyalah seperkecilnya Candi Sewu, hehe.. Seperti postingan saya saat berkunjung di Candi Plaosan ( klik disini ), Candi Ijo (klik disini),Ratu Boko, Candi Kalasan.

Candi Kalasan

Masih banyak sekali Candi-candi yang terpisah dalam Komplek Candi Sewu yang bahkan belum saya datangi. Yuk lain kali! Hehe..

Jadi, kemana saja kalian sudah berkunjung di Yogyakarta?

With Love

Mozarra

Author

"I hope you live a life and you are proud of. If you find you are not. I hope you have the strength to start all over again." (:

Write A Comment