Hai~

Adakah yang disini berkeinginan untuk pergi keluar negri? Kalau saya sih tentunya terbesit keinginan untuk keliling dunia juga, hehehe.. Untuk beberapa negara memang tidak diperlukannya visa turis, misalnya seperti ke Malaysia gratis selama 30hari kunjungan, Macau 15hari kunjungan, dan masih ada 71 negara terdaftar lainnya.

Namun, biasanya untuk keluar negeri dibutuhkan pengurusan Visa bagi negara-negara yang belum free visa, pengurusan ini biasanya terkesan ribet dan rumit bagi pemula seperti saya, namun baru-baru ini Traveloka launching fitur terbaru nih, yaitu fitur ” Visa “.

Apasih fitur Visa ini?

Jadi Traveloka telah bekerjasama dengan AviaTour dalam menangani pembuatan Visa. Fitur ini dapat mempermudah pelanggan tanpa harus pergi mengantri ke Kedutaan Besar negara tujuan kalian lho. Tentunya menghemat waktu dan tenaga untuk pembuatan Visa.

Bagaimana cara apply visa lewat Traveloka?

Cukup dengan membuka aplikasi Traveloka dan klik fitur terbarunya yaitu Visa. Pilihlah negara yang akan kamu kunjungi, di Traveloka tersedia 6 negara yaitu Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Australia, India dan Turki.

Misalnya jika kamu memilih negara Jepang. Klik negara tersebut, disana akan ada note:

  1. Hanya warga negara Indonesia yang bisa apply menggunakan fitur Visa di Traveloka
  2. Visa harus di apply sekitar 3 bulan hingga 1 minggu sebelum keberangkatan
  3. Hasil apply Visa akan diserahkan pada Kedutaan Besar Negara tersebut

Nah, kemudian ketika sudah membaca peringatan, kamu akan dihadapkan dengan pilihan. Yaitu Visa Turis, Visa Perjalanan Bisnis atau Visa Waiver bagi pemegang e-pasport dapat digunakan untuk berlibur sekalian dengan bisnis.

Anggap saja kita akan apply Visa Turis, klik pilihan tersebut dan kamu akan dapat memilih untuk single entry atau multiple entry. Eits tidak usah bingung, jika kamu hanya berkunjung satu kali, cukup memilih Single Entry. Biasanya Multiple Entry digunakan jika kamu berkunjung berkali-kali ke negara tujuan tersebut dalam kurunwaktu berdekatan dengan durasi 5tahun, namun dengan persyaratan misalnya sudah 2x ke Jepang atau 2x Entry Visa Single dan persyaratan lainnya.

Pilih single entry, yaitu untuk 1 kali masuk ke Jepang. Visa tersebut berlaku selama 15 hingga 30 hari tergantung dari Kedutaan Besar berapa lama diterimanya Visa tersebut. Visa yang sudah di terima dan di tempelkan pada Paspor akan berlaku selama 3 bulan.

Siapkan dokumen yang diperlukan. Setelah beberapa dokumen terpenuhi sesuai syarat di Traveloka, kamu dapat mengklik “selanjutnya” , disitu akan tertera kapan jadwal keberangkatanmu dan berapa orang yang akan dibuatkan Visa. Terdapat dua pilihan diambil kurir  dengan biaya Rp 50.000 (Area Jakarta) atau dengan keberangkatan sendiri melalui Agent Avia yang terdaftar di Traveloka Visa. kemudian bayar sesuai tagihannya. Done.

Berapa biaya pembuatan visanya menggunakan Traveloka?

Nggak usah khawatir jika harganya terlalu tinggi gengs. Menurut saya harganya tidak jauh beda ketika akan Apply ke Kedutaan Besar negara tujuan secara pribadi.

Misalnya tadi apply ke Jepang dengan Single Entry. Pertanggal postingan ini upload (02-2020) Untuk biaya orang dewasa, anak-anak dan bayi dikenakan Rp 665.000 secara merata.

Dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk apply Visa?

Jawabannya tentu saja tergantung negara tujuan kalian, biasanya disetiap Kedutaan Besar yang berada di Indonesia mempunyai syarat-syarat yang berbeda. Jika ingin tau silahkan akses di website Kedutaan Besar Negara tujuan kalian.

Melanjutkan contoh diatas, negara tujuan Jepang, Visa Single Entry. Orang dewasa. Dokumen yang dibutuhkan Traveloka difitur ini adalah :

  1. Tiket Pergi-Pulang negara tujuan
  2. Rekening koran selama 3 bulan terakhir (didapatkan di Bank anda, kalau bisa yang sudah memiliki ATM berlogo Mastercard atau Visa atau sejenisnya yang dapat digunakan selama di negara tujuan)
  3. Sponsorship (jika dari pihak perusahaan), Surat pernyatan jika dari pihak orang tua atau suami/istri
  4. 2 lembar foto diri 80% tampak muka dengan ukuran 4.5cm x 4.5cm (Biasaya dengan background putih)
  5. Itinerary atau jadwal perjalanan di negara tujuan, biar kamu tidak hanya berdiam diri saja menghabiskan waktu di hotel gais
  6. Akta kelahiran
  7. Kartu Keluarga
  8. Passport, ini yang paling penting karena Passport adalah KTP internasional

Dokumen pendukung lainnya yaitu :

  1. KTP
  2. Surat Nikah
  3. SIUP dan NPWP

Nah, ga perlu ribet untuk antri ke Kedutaan Besarkan. Sayangnya hanya tersedia 6 negara saja yang sudah terdaftar di Traveloka Visa ini. Dan masih hanya di Area Jakarta saja. Namun dengan begini saja sudah mempermudah kita untuk jalan-jalan ke luar negri tanpa harus bingung urus Visa yak. Hehe..

Saya sih tahun ini belum ada rencana untuk keluar negeri karena masih ada tanggungan yang tidak bisa ditinggalkan dalam jangka waktu lama, terlebih masih mewabahnya virus Corona dibeberapa negara. Semoga kalian selalu sehat ya teman-teman agar bisa beraktifitas dengan lancar dan menyenangkan. Oiya jangan lupa jaga pola makan juga nih. Asupan yang bergizi!

Lebih baik untuk saat ini menghindari dahulu negara-negara yang terkena Virus Corona. Apabila sudah terlanjur memiliki jadwal penerbangan ke negara itu, lebih baik di cancel and refund. Traveloka juga menyediakan fitur tersebut lho. Apalagi virus ini tidak dapat di prediksi. Lebih baik mencegah gengs. Saya juga dapat kabar dari teman travelling lainnya, beberapa maskapai memberikan harga murah untuk penerbangan keluar negri, serta mendapat kabar jika kalian sedang berkunjung di Korea Selatan akan dikarantina dulu sebelum keluar negara tersebut. Wah.. Semoga saja selalu baik-baik saja deh.

Sekian dulu ya, bonus foto saya sewaktu Autumn di Korea Selatan~ hehe. Have a nice day.

Author

"I hope you live a life and you are proud of. If you find you are not. I hope you have the strength to start all over again." (:

Write A Comment