Mengenal Lebih Dekat dengan England #AyoKeUK

0
39
Bibury Village
sumber: https://www.tourismontheedge.com

(Artikel ini saya tulis berdasarkan kompetisi menulis dari Hipwee, Enjoy ! x) )

Rasanya ada yang kurang jika membahas England tapi belum mengetahui apa itu UK. Sebelumnya, sudah pada tahu UK kan? United Kingdom atau biasa disebut Britania Raya ini terdiri dari 4 negara bagian yaitu England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland. Masing-masing negara tersebut memiliki keunikan tersendiri. Namun dibanding ketiganya, England memiliki pesona lebih di mata para wisatawan asing.

Tidak hanya terkenal dengan negara sepak bola, England juga memiliki daya tarik di bidang pariwisatanya. Keindahan alam, gaya arsitektur bangunan, budaya serta kuliner dari negara ini memiliki ciri khas tersendiri. Sehingga tidaklah heran apabila banyak turis dari berbagai belahan dunia rela datang untuk menikmati suasana di England.

Sekedar informasi, England adalah negara berbentuk kepulauan yang jika ditotal memiliki area lebih luas dari Pulau Jawa. Negara ini terletak di sisi selatan bagian Britania Raya yang berbatasan langsung dengan Wales dan Skotlandia. Dengan jumlah populasi lebih dari 55 juta penduduk, menjadikan England ini sebagai salah satu negara terpadat di Eropa lho!

Nah, jika kamu berniat mengunjungi England suatu saat nanti, berikut adalah beberapa destinasi wisata yang sayang sekali untuk kamu lewatkan.

Wisata England

1. Istana Kensington

sumber : http://sidomi.com

Istana Kensington merupakan salah satu istana yang cukup bersejarah, dimana istana ini dulunya merupakan kediaman dari anggota keluarga besar kerajaan. Diantaranya adalah Pangeran Charles dan Putri Diana. Istana ini juga menjadi tempat Pangeran William dan adiknya, Pangeran Harry dibesarkan. Pada masanya, Kensington disebut-sebut seperti surga bagi anak-anak karena memiliki jalan terusan yang panjang, sebuah landasan helikopter, banyak kebun, termasuk sebuah kebun diatap dimana keluarga kerajaan sering menghabiskan banyak waktu disana.

Kenshington mempunyai beberapa taman yang bergaya elegan. Salah satunya Sunken Garden, yaitu sebuah oasis yang tenang dan nyaman serta tempat yang tepat untuk menenangkan pikiran dihari sibuk. Sebagai informasi, istana ini juga dijadikan sebagai tuan rumah berbagai pameran menarik lho sepanjang tahunnya. Tempat wisata yang satu ini dibuka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat dengan harga tiket masuk sebesar 14 pounds atau jika dirupiahkan sekitar 275 ribu rupiah.

2. London Eye

London Eye
sumber: https://www.visitlondon.com

London Eye merupakan tempat wisata kedua yang wajib kamu kunjungi apabila sedang berkunjung di England. Bangunan berbentuk bianglala ini dibuka sejak tahun 2000 dan dikenal juga dengan sebutan Millennium Wheel atau Ferris Wheel.

Wahana ini memiliki ketinggian 135 Meter diatas permukaan laut serta dilengkapi dengan 32 kapsul penumpang. Dengan kapasitas tersebut, London Eye mampu menampung hingga 800 penumpang untuk sekali putaran. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota London dan Sungai Thames sejauh 40 KM melalui kaca bening yang telah disediakan.

Panorama indah yang ditawarkan menjadikan London Eye tidak pernah sepi pengunjung. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk mengunjungi London Eye pastikan kamu telah memesan terlebih dahulu tiketnya jauh-jauh hari. Cukup dengan merogoh kocek sekitar 435 ribu rupiah kamu dapat menaiki wahana ini selama kurang lebih 30 menit.

3. Big Ben

Big Ben
sumber: https://www.dailystar.co.uk

Big Ben merupakan bangunan tua berbentuk menara dengan jam raksasa pada bagian atasnya. Menara yang memiliki tinggi 96 meter ini dirancang oleh Charles Barry pada tahun 1843. Bagian jamnya memiliki diameter sebesar 7 meter dan bel seberat 16 ton yang didesain langsung oleh arsitek handal, Augustus Pugin. Dibangun dengan gaya arsitektur khas Gothic Victoria, menjadikan Big Ben sebagai salah satu objek wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Sayangnya untuk saat ini pemerintah England tidak memperbolehkan wisatawan untuk memasuki bagian dalam Big Ben. Para wisatawan hanya bisa menikmati pesona Big Ben hanya dari luarnya saja. Meskipun demikian, Big Ben tidak pernah absen dari bucket list para traveller.

4. Westminster Palace

Westminster Palace
sumber: http://www.all-free-photos.com

Westminster Palace adalah sebuah kompleks istana Kerajaan England yang terletak di tepi Sungai Thames, pusat Kota London. Di kompleks inilah Big Ben dan Tower Bridge berada. Kompleks istana ini juga lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Houses of Parliament. Hal ini dikarenakan Westminster Palace juga digunakan sebagai tempat pertemuan oleh para Dewan Parlemen Kerajaan England.

Sekedar informasi, kompleks istana Westminster Palace sendiri sebenarnya terdiri dari dua bagian, yaitu Old Palace dan New Palace. Old Palace dulunya dibangun pada abad pertengahan, namun pada tahun 1834 sempat mengalami insiden kebakaran hebat sehingga terjadi kerusakan yang cukup parah. Lalu pada tahun 1843 mulailah dibangun kompleks istana baru bernama New Palace yang sampai saat ini masih berdiri megah.

Didalam kompleks ini juga terdapat tiga tower, diantaranya adalah Victoria Tower yang terletak di bagian selatan, Elizabeth Tower (Big Ben) berada di sebelah utara, dan Central Tower yang berada di bagian tengah. Tak hanya itu, terdapat hamparan taman yang berada di sekeliling istana dengan nuansa romantis, menjadikan Westminster adalah salah satu objek wisata yang sangat diminati oleh para wisatawan.

5. Tower Bridge

Tower Bridge
https://www.visitlondon.com

Tower Bridge adalah salah satu jembatan kebanggaan kota London yang dibangun pada tahun 1886 dan selesai pada tahun 1894. Jembatan sepanjang 244 Meter ini memiliki ciri unik, yaitu 2 buah menara kembar yang menjulang di tengah-tengah jembatan. Tak hanya itu, diantara kedua menara tersebut terdapat jembatan yang bisa diangkat agar kapal-kapal besar di Sungai Thames dapat melaluinya.

Sepanjang jalan sekitar jembatan, kamu bisa berfoto dengan mengambil latar Tower Bridge. Disana terdapat spot paling ideal yang bernama Potter’s Field, salah satu taman yang menjadi tongkrongan favorit para wisatawan karena letaknya yang cukup strategis. Kamu bisa duduk-duduk sembari menunggu momen spesial dimana jembatan Tower Bridge diangkat.

Di dalam Tower Bridge kamu bisa melihat mekanisme kerja dari jembatan secara langsung. Disana juga terdapat panel informasi tentang teknologi yang digunakan selama puluhan tahun untuk menjaga Tower Bridge tetap bergerak. Tempat wisata yang satu ini bisa kamu kunjungi setiap hari mulai pukul 10.00 – 17.00 dengan harga tiket sebesar 9.8 pounds atau jika dirupiahkan sekitar 190 ribu rupiah.

6. Bibury Village, The Cotswolds

Bibury Village
sumber: https://www.tourismontheedge.com

Jika kamu berkunjung ke England, rasanya tidak lengkap bila belum mengunjungi Bibury Village yang terletak di South West England. Desa ini memiliki pemandangan indah bak negeri dongeng khas Costwold. Didalamnya terdapat rumah pondok yang terbuat dari batu tradisional dari abad 17-an. Karena keunikan dan pemandangannya menjadikan bibury sebagai salah satu desa paling indah di England. Sejak saat itulah, Bibury mulai dikenal luas dan dibanjiri oleh wisatawan. Hingga akhirnya Bibury dijadikan sebagai daerah konservasi yang dikelola langsung oleh National Trust UK untuk menjaga kelestariannya.

Didalam kawasan Bibury juga terdapat spot-spot terbaik untuk berfoto ria. Seperti halnya padang rumput kapur langka dan hutan tua yang dipadukan dengan bangunan klasik kuno seperti Castle Combe, Chipping Norton, serta Tetbury. Bibury adalah lokasi wisata sempurna bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berpetualang dengan jalan kaki atau bersepeda.


Berbicara soal tempat wisata, rasanya kurang lengkap jika belum membahas soal makanan. Yap, England juga memiliki kuliner khas yang tak kalah enaknya lho. Penasaran? Yuk kita intip satu persatu.

Kuliner di England

1. Fish and Chips

Fish and Chips
sumber: https://www.thespruce.com

Kuliner khas England yang pertama adalah fish and chips. Makanan yang terbuat dari ikan dan kentang ini pertama kali diperkenalkan di England pada tahun 1860-an. Tekstur dari fish and chips yang sangat lembut ditambah siraman saus tar-tar menjadikan kuliner yang satu ini berbeda. Hal ini karena ikan yang digunakan dihaluskan terlebih dahulu sebelum diolah. Meskipun terkesan sederhana, makanan ini cukup lezat untuk dinikmati sambil berjalan-jalan menyusuri indahnya negara England. Potongan chips yang lebih besar daripada kentang goreng pada umunya dijamin cukup membuat perutmu kenyang.

2. Yorkshire Pudding

Yorkshire Pudding
sumber: https://realfood.tesco.com

Yorkshire pudding merupakan makanan khas daerah Yorkshire, bagian utara England. Makanan ini biasa disantap pada acara Sunday Lunch, istilah masyarakat setempat untuk menyebut makan siang dihari minggu. Meskipun namanya pudding, namun kuliner khas England yang satu ini sangat berbeda dengan puding pada umumnya. Yorkshire pudding terbuat dari adonan tepung gandum, susu, air, dan telur yang dipanggang lalu diberi topping sayuran dan irisan daging. Sausnya yang kaya rasa ditambah dengan irisan daging panggang menambah citarasa lezat dan nikmat pudding ini.

3. Full English Breakfast

Full English Breakfast
sumber: https://clubfleurieu.com

Full English Breakfast adalah istilah masyarakat di England untuk menyebut sarapan dengan menu yang beraneka macam. Sebagai informasi saja, menu Full English Breakfast sendiri terdiri dari bacon (babi), telur mata sapi, beans (kacang merah), sausage (sosis dari sapi atau babi), tomat, roti bakar, teh atau kopi, jus buah dan black pudding sebagai makanan penutup. Jangan bayangkan pudding ini seperti Yorkshire pudding atau pudding pada umumnya ya. Black pudding sendiri terbuat dari darah/lemak babi yang dibekukan.

Jika kamu adalah seorang muslim atau lagi menjalani program diet, maka tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa mencoba Full English Breakfast kok, tapi versi khusus untuk vegetarian. Menunya sendiri terdiri dari tofu, jamur, salad, kacang, dan berbagai macam sayuran.

Itu dia beberapa destinasi wisata dan kuliner di England. Tertarik untuk mengunjunginya? #AyoKeUK #WTGB #OMGB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here