Persyaratan Dokumen VISA KOREA SELATAN

Hai..

Dari perjalanan saya ke Korea Selatan kemarin, tentunya penasarankan terkait apa saja yang harus disiapkan untuk memenuhi syarat Visa Korea yang katanya susah.

Secara umum kamu memerlukan dokumen lengkap untuk apply Visa ya. Karena jika ada satu dokumen pendukung yang kurang, terkadang status visa bisa ditolak. Bahkan yang dokumennya lengkappun kamu juga perlu berharap-harap cemas.

Berikut dokumen yang diperlukan untuk apply Visa Korea Selatan ( Versi Keberangkatan saya 2018 dan saran dari pihak ngetriv ) :

  • Data Diri
    1. Passport Asli
    2. FC Passport (Point plus bila ada FC Stamp atau Visa negara yang sudah pernah kmau kunjungi)
    3. FC E-KTP
    4. FC Kartu Keluarga
    5. FC Akta Lahir
  • Status Diri
    1. Surat keterangan bekerja dari kantor/
    2. Surat sponsor/
    3. Surat keterangan dari keluarga yang bekerja sebagai penjamin (Misalnya Ayah seorang PNS) atau Wirausaha (SIUP disertakan)
  • Bukti Keuangan
    1. Rekening Koran 3 bulan terakhir (Bisa didapatkan di pihak Bank tempat kalian menabung). Sebaiknya bank yang ATMnya berlogo Mastercard/VISA atau yang bisa digunakan selama di Korea Selatan.
    2. Referensi dari pihak Bank dalam Bahasa Inggis (Bisa didapatkan di pihak Bank tempat kalian menabung)
    3. NPWP
    4. SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) Fotocopy
  • Kelengkapan
    1. Pas Foto 4×6 sebanyak 2 (Foto 90% wajah dan berlatar belakang warna putih)
    2. Surat Lampiran yang diperlukan untuk apply VISA. Kamu bisa mendapatkannya di website Kedubes Korea Selatan.

Nah, berhubung saat menjelang keberangkatan saya tidak bekerja alias membantu mama saya di Tokonya. Jadi saya melebihkan dokumen tambahan dikarenakan saya memerlukan seseorang sebagai penjamin supaya hidup berkecukupan dan tidak tinggal illegal selama di Korea Selatan .

Mama saya adalah penjamin saya, beliau adalah wirausaha. Jadi dokumen yang saya perlukan lumayan agak banyak, hehe.. yaitu :

  1. Passport asli saya
  2. FC Passport dan Visa serta Stamp negara yang pernah saya kunjungi
  3. FC E-KTP berwarna saya
  4. FC KK berwarna
  5. Rekening Koran (Sebaiknya dari ATM bank yang berlogo Mastercard/VISA atau yang bisa digunakan selama di Korea Selatan)
  6. Referensi Bank dalam bahasa inggris
  7. Pas Foto 4×6 sebanyak 2 (Foto 90% wajah dan berlatar belakang warna putih)
  8. Surat Lampiran yang diperlukan untuk apply VISA. Kamu bisa mendapatkannya di wesite Kedubes Korea Selatan. ( Saat itu saya hanya disuruh TTD oleh pihak ngetriv, jadi mereka yang isikan formulirnya )
  9. Statement Letter yang menjelaskan jika saya tidak terkena pajak/ SPT

    Statement Letter
  10. Statement Letter yang menjelaskan jika saya tidak memiliki SPT

    Statement Letter

Sebagai penjamin, tentu saja dokumen dari mama diperlukan untuk apply visa saya, yaitu:

  1. FC E-KTP Mama
  2. Surat Keterangan sebagai penjamin yang ber ttd Mama
  3. SIUP Mama
  4. Rekening Koran 3 bulan terakhir
  5. Referensi Bank Mama
  6. NPWP Mama
  7. FC SPT (Jika tidak ada, kamu bisa membuat Surat keterangan tidak terkena Pajak untuk penjamin)

Untuk berkunjung ke Korea Selatan, dibutuhkan kurang lebih Rp 8jt-Rp 10jt yang ada di rekening saya. Mengapa? Karena Korea Selatan pada saat 2018 tidak memerlukan tiket pesawat Pergi-Pulang sebagai syarat. Jadi secara hitungan kasar, tiket tersebut masih masuk dalam jumlah minim direkening koran.

Sebagai penjamin, minimal saldo yang ada direkening mama RP 11jt – Rp 15jt. Eh, Jangan sampai history dari rekening kamu tiba-tiba melonjak ya. Misalnya seperti saldo awal Rp 1jt. TIba-tiba kamu isi Rp 15jt secara signifikan dan tanpa ada saldo keluar,saldo masuk atau pembelian lain-lain. Baiknya bila selama 3 bulan rekening koran tersebut diisi Rp 5jt perbulannya, lebih baik lagi bila kamu ada pengeluaran dihistory. Karena dengan begitu status Bank kamu tidak terbilang pasif.

Selain itu, sepertinya saya juga mempunyai nilai plus karena Passport saya sudah ada Visa dari Kedutaan Arab, dan stamp dari Malaysia. Karena kamu bisa terbilang sebagai orang yang tidak hanya berlibur di Indonesia, namun juga ke beberapa negara lainnya. Eits, tetapi itu semua tidak bisa diprediksi. Hanya Tuhan dan orang Kedubes yang tau 🙂

Oiya, biaya yang kamu butuhkan untuk membayar Visa Korea Selatan pada tahun 2018 kurang lebih berjumlah Rp. 715 rb (Single Entry berlaku 8hari). Sedangkan saat itu saya diuruskan oleh pihak Ngetriv karena Kedubes Korea Selatan di Jakarta dan saya ada di Jawa Timur, biayanya kurang lebih Rp 760rb.

Taraaaa… Visa Korea Selatan saya

Singkat cerita, begitulah persyaratan dokumen apa saja yang saya penuhi saat itu dan ketika memasuki Korea Selatan, visa tersebut akan di stam USED guys. Jadi, kapan nih kamu ajak saya jalan-jalan? xoxo

With Love

Mozarra

Leave A Reply

Navigate