Hai cah,

Bagi kalian yang tinggal di Kediri pasti tidak asing dengan wisata alam Sumber Podang. Letaknya di Desa Joho Kec. Semen, Kediri. Lokasinya tidak susah dijangkau motor maupun mobil. Tempat ini merupakan salah satu wisata alam favorite saya, karena setiap kali saya banyak pikiran, bingung, sedih, pergi ketempat ini dengan partner saya, masukan kaki ke aliran sungai Sumber Podang sambil chit chat dan bermain air. Jenuh saya agak berkurang meski tidak semua. Permasalahan yang awalnya tidak memiliki jalan keluar, bisa terfikirkan solusinya (khusus saya ya ini, kurang tau kalau orang lain) hehe.

Sebenarnya tempat ini sudah ada sejak lama, hanya saja sejak SMP saya selalu melewatkannya karena kurang tertarik hanya melihat sungai, entah kenapa justru lebih sering ke Air terjun Irenggolo, kalau ke Air Terjun Dolo baru 2x dan sepertinya agak malas juga naik turun tangga yang begitu jauh.

Kita bahas Sumber Podang yuk, wisata ini sepertinya baru-baru ngetren sekitar akhir 2018 atau awal 2019 dikarenakan mulai dibangunnya warung-warung yang menyajikan view diatas bukit, termasuk salah satunya Warung WOW milik Bu Wien yang estetik. Warung WOW ini sejalur dengan pintu masuk menuju ke aliran Sumber Podang. Perjalanannya tidak terlalu jauh, sekitar 5 menit berjalan, kamu akan menemui sumber aliran. Sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pepohonan, terlebih jika sedang musim durian.

Sungai Sumber Podang
Sungai Sumber Podang

Warung-warung yang ada bukan hanya diwilayah atas dekat pintu masuk saja. Namun didekat sumber airpun juga ada warung lesehan yang berjualan. Didekat aliran sumber juga terdapat fasilitas taman bermain kecil, seperti ayunan, dan jungkat jungkit. Jangan khawatir di dekat aliran juga terdapat toilet untuk ganti baju jika kalian ingin mandi di sungai sih. hihi..

Untuk biaya memasuki Sumber Podang, terkadang kamu akan diberhentikan diarea portal 1km sebelum memarkirkan kendaraan, kurang lebih Rp 3.000 perorangnya. Lalu untuk biaya parkir motor Rp 3.000-5.000 dan biaya parkir mobil Rp 10.000 tergantung harinya. Sepengalaman saya, beberapa kali portal tidak dijaga, atau dijaga namun bisa lewat begitu saja, jadi tetap tergantung yang jaga ya, hehe..

Tempat ini memang terlihat biasa saja, namun bagi saya dan beberapa orang pasti memiliki keindahan estetik tersendiri serta tempat yang tenang. Selepas bermain air, saya selalu menyempatkan sejenak untuk menikmati pemandangan diatas bukit di warung WOW milik Bu Wien ini.

Warung WOW Bu Wien
Warung WOW Bu Wien

Terdapat menu makanan dan minuman yang beraneka ragam, termasuk snack, untuk rasa juga lumayan enak, minuman mulai dari aneka kopi, jus, kelapa muda, jahe, dll. Makanan terdiri dari aneka nasi goreng, bakso, ayam, mie, dll. Untuk snack tersedia seperti tempe mendoan, tahu kress, pisang, roti bakar, dan masih banyak lainnya . Rate harga yang tertera dimenu resto bu Wien mulai dari Rp 3000 hingga Rp 20.000 aja lho guys. Harga ini per kunjungan saya tanggal 22 Desember 2019.

Harga makanan warung WOW Sumber Podang
Harga makanan warung WOW Sumber Podang

Gimana? berminat untuk berkunjung kesini? Lumayan jika suatu saat bisa bertemu saya yang sedang menenangkan pikiran atau kita bisa bertukar pikiran 🙂

With Love,

Mozarra

Author

"I hope you live a life and you are proud of. If you find you are not. I hope you have the strength to start all over again." (:

Write A Comment